“Menjadi Institusi Yang Kredibel Dalam Mewujudkan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang Berkelanjutan”


SEJARAH PEMBANGUNAN AWAL TPA MANGGAR

TPA Manggar adalah fasilitas milik Pemerintah Kota Balikpapan yang berdiri di atas lahan seluas 27,1 hektar di jalan Proklamasi RT. 36. Tepatnya pada 13 Januari 2012 TPA Manggar resmi beroperasi dan hingga kini terus bersolek sehingga tak hanya menjadi tempat penampungan sampah semata.

 

FASILITAS LENGKAP DAN RAMAH ANAK

Di bagian dalam, kita akan menjumpai pondokan yang sudah disiapkan oleh pengelola untuk wisatawan yang berkunjung. Di masing-masing pondokan, ada kompor yang bahan bakarnya dari gas methane, yakni gas yang dihasilkan dari pengolahan sampah. Kita pun dipersilakan menggunakan kompor tersebut untuk memasak. Tenang saja, meskipun bahan bakarnya hasil dari olahan sampah, makanan atau air yang kita masak tetap aman dikonsumsi.


TERUS BERINOVASI

Edu Wisata di kawasan TPA Manggar ini dinilai lengkap, TPA ini juga lah yang pernah “menyelamatkan” penghargaan Adipura untuk Kota Balikpapan pada tahun 2010 lalu, seiring dengan merosotnya nilai pada beberapa titik pantau saat itu. Meski dirasa lengkap, pengelola tak berhenti berinovasi. Saat ini, pengelola telah menyiapkan pembangunan Ruang Steam Sauna di dalam area TPA. Rencananya wahana berkapasitas awal 20 orang ini berukuran 4×4 meter dan memanfaatkan energi panas dari gas methane dan limbah kayu sebagai konstruksi ruangannya.