Kunjungan Kementerian PU Ke Bank Sampah Graha Indah

06 Desember 2017 - Dibaca: 1080 kali


Kementerian Pekerjaan Umum (PU)  Pusat bersama  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan mengunjungi Bank Sampah Aditya Karya di Kelurahan Graha Indah, belum lama ini. Mereka didampingi Manajer Bank Sampah Aditya Karya Joni Kurani bersama para kader PKK.

Joni Kurani mengatakan, dua bulan setelah menjabat sebagai manajer bank sampah, langsung melaksanakan rapat terkait kepengurusan ke depan untuk bergerak cepat melakukan inovasi.

"Yang kami lakukan di antaranya pengecatan serta membenahi bagian ruangan sekitar rumah sampah.  Mengingat sekitar 5 tahun tidak difungsikan," ujar Joni Kurani, Senin (27/11) kemarin.

Dia menegaskan, tugas dan tanggung jawab tidak mudah tetapi amanah masyarakat wajib dilakukan dan kegiatan ini adalah kegiatan sosial.

"Perlu waktu dan loyalitas.  Dalam waktu dekat ini operasional bank sampah akan dilakukan," imbuhnya.  Menurutnya lagi, kunjungan dari Kementerian PU Pusat dan DLH Kota Balikpapan adalah  melakukan audiensi dengan. "Kami mendapatkan support dan dukungan. Sehingga kami pengurus mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah.  Ini yang diperlukan dari bank sampah yang lama mati suri," papar Joni.

Ke depan, tambah Joni,  Bank Sampah Aditya Karya Kelurahan Graha Indah mempunyai konsep yang sangat sederhana.  Menjadikan rumah sampah tempat kreativitas warga.  Serta melakukan kegiatan lain sebagai sumber pendapatan keluarga.  Salah satunya memanfaat pekarangan yang ada sebagai tempat usaha (UKM) dan tempat pembibitan memanfaatkan produksi pupuk sendiri. 

"Dalam kegiatan operasional akan merangkul para ketua RT sekitar dan para pengepul di setiap RT," pungkas Joni Kurani.(ono/san)

Repost.Co.Balikpapan