“Menjadi Institusi Yang Kredibel Dalam Mewujudkan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang Berkelanjutan”

Bersih-Bersih Pantai/Coastal Clean-Up Di Pantai Segara Sari Manggar

Monday - 04 Desember 2017 - Dibaca: 457 kali

Dalam rangka pengendalian pencemaran dan kerusakan pesisir dan air laut, Pemerintah Kota Balikpapan bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungkan-KLHK, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Kalimantan dan PT. Sri Borneo menyelenggarakan kegiatan Bersih-Bersih Pantai/Coastal Clean-Up (CCU) di pantai segara sari manggar Balikpapan Timur, sabtu 02 desember 2017.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wali Kota Balikpapan beserta Kepala OPD, Kepala P3EK Kalimantan, Forkopimda Balikpapan, Asosiasi Kedai dan Asongan Pantai Segara Sari Manggar, Alumni STMN Balikpapan, Komunitas Bikers Balikpapan, Sekolah Adiwiyata Balikpapan, Duta Lingkungan Hidup Balikpapan dan pendukung kegiatan seperti Ecco Walibar, Layanan Lingkungan (Nyampah), Transisi Energi Indonesia, Info Warga Jember dan Unilever.

Tujuan bersih pantai sendiri adalah membersihkan sampah pada garis pantai, mengumpulkan informasi yang berharga tentang jumlah dan tipe sampah dan untuk mengurangi sampah di laut dan meningkatkan perlindungan lingkungan laut.

Kegiatan bersih Pantai ini diharapkan dapat menghasilkan pecinta lingkungan pesisir dan laut, yang akan menjadi pelopor di lingkungan terdekatnya masing-masing, sehingga kondisi wilayah pesisir dan laut dapat terjaga dengan baik. Sekecil apapun upaya yang dilakukan untuk menjaga kondisi lingkungan, itu lebih baik daripada tidak melakukan sesuatu yang positif untuk lingkungan. Bila semua individu mempunyai pemikiran yang sama, dan terus tumbuh kembangkan dilingkungan terdekatnya, upaya yang tampaknya hanya hal kecil, namun pada akhirnya akan memberikan dampak yang baik bagi lingkungan.

Sampai pada jam yang telah ditentukan kegiatan ini berhasil mengumpulkan 10 Kg sampah organik dan 600 Kg sampah non organik yang kemudian diangkut oleh truck DLH Kota Balikpapan untuk dibuang ke tempat pembuangan akhir sampah.