“Menjadi Institusi Yang Kredibel Dalam Mewujudkan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang Berkelanjutan”

Media Release "Kerusakan Pipa dan Polusi Minyak Mentah Akibat Pengoperasian Kapal Ever Judger"

Thursday - 14 Maret 2019 - Dibaca: 152 kali

Media Release Kerusakan Pipa dan Polusi Minyak mentah akibat Pengoperasian Kapal Ever Judger, hari Kamis, tanggal 14 Maret 2019 di Auditorium Kantor Walikota Balikpapan oleh Komite Nasional Kecelakaan Transportasi.

Kesimpulan dari kejadian ini bahwa karena kurangnya penerapan Bridge Resource Management (BRM) diatas kapal Ever Judger disertai penanganan keadaan darurat yang tidak tepat. Kondisi ini memberikan andil pada benturan antara jangkar Ever Judger dengan pipa penyalur minyak mentah berdiameter 20 cm di dasar teluk. Kejadian itu juga didukung oleh faktor kontribusi, antara lain komunikasi di atara awak kapal dan pandu tidak dalam satu bahasa yang sama. Tidak ada prosedur spesifik tentang pelayanan pemanduan terkait pertukaran informasi sebagaimana diatur dalam Resolusi IMO A.960, kecuali prosedur yang dikeluarkan oleh KSOP setempat.

 

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan serupa di kemudian hari, pihak KNKT menyampaikan rekomendasi keselamatan kepada pihak-pihak terkait, baik di pihak di dalam negeri maupun luar negeri. Beberapa rekomendasi bersifat lintas instansi, sehingga dibutuhkan koordinasi antar institusi.