“Menjadi Institusi Yang Kredibel Dalam Mewujudkan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang Berkelanjutan”

Peringatan HPSN Tahun 2019 di Lapangan Merdeka Balikpapan.

Monday - 25 Maret 2019 - Dibaca: 170 kali

Minggu, 24 Maret 2019. Pelaksanaan kegiatan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019 bertempat di Lapangan Merdeka Balikpapan bekerja sama dengan PT. Pegadaian Balikpapan, diawali dengan senam sehat bersama, pembagian alat kebersihan kepada 10 bank sampah, pemberian penghargaan kepada warga yang telah melakukan pengelolaan bank sampah, penandatanganan prasasti kebersihan dan pembagian tumbler.

HPSN Tahun 2019 ini mengambil tema “Membangun Kesadaran Bersama Untuk Hidup Bersih dan Sehat Dengan Mensinergikan Upaya Pemerintah, Instansi Vertikal, Dunia Usaha dan Masyarakat Melalui Pengurangan Sampah Dari Sumbernya”.

Kegiatan HPSN Tahun 2019 dihadiri oleh Wali Kota Balikpapan bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), instansi vertikal, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), perusahaan dan masyarakat di Balikpapan.

Dalam kesempatan itu, Pimpinan PT Pegadaian (Persero) Balikpapan menyerahkan CSR kepada Wali Kota Balikpapan sebesar Rp. 360 Juta berupa Kendaraan Roda 4 (Pickup) dan Gerobak Sampah, kemudian Wali Kota Balikpapan menyerahkan bantuan tersebut ke Bank Sampah Induk (BSI) dan Bank Sampah Unit (BSU) Kota Balikpapan serta dilanjutkan dengan penandatanganan Plakat Monumen Gade di Taman Melawai 2 oleh Wali Kota Balikpapan.

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kota Balikpapan beserta seluruh stakeholder berkomitmen untuk melakukan pengurangan penggunaan plastik melalui pembatasan penggunaan plastik. Terdapat 16 tempat yang tidak boleh menggunakan kantong plastik. Dalam Perda tercantum bahwa tidak boleh lagi menggunakan kemasan plastik pada toko, tempat umum, tempat pendidikan, fasilitas olahraga dan sebagainya.

Sedangkan upaya pengurangan sampah plastik adalah dengan melalui pemanfaatan plastik atau daur ulang. Dengan adanya Perda tersebut, kita dapat menegur sampai ke perusahaan atau pertokoan dan mencabut izin usaha apabila melanggar Perda. Sedangkan untuk pasar tradisional, larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai diberlakukan secara bertahap dengan memakai kemasan yang ramah lingkungan. Gerakan ini bukan di Balikpapan saja namun dilaksanakan secara Nasional.

Dalam implementasi gerakan ini, Wali Kota Balikpapan akan menggunakan jaringan daerah guna ikut serta mencermati pengurangan kantong plastik atau kemasan plastik. Gerakan pengurangan kantong plastik akan dilakukan secara bertahap, minimal dapat mengefisienkan penggunaan kantong plastik atau bungkus plastik.

Selain itu, Danlanal Balikpapan beserta jajarannya berkomitmen untuk melakukan kegiatan bersih-bersih sepanjang pantai yang ada di Balikpapan, dimulai dari membersihkan pantai dikawasan Lamaru.

Kegiatan Peringatan HPSN Tahun 2019 di Lapangan Merdeka Balikpapan diakhiri dengan Sosialisasi Tas Guna Ulang dan Aksi Pungut Sampah disekitar lokasi kegiatan yang dilakukan oleh seluruh peserta yang hadir. Adapun jumlah sampah yang terkumpul dalam Aksi Pungut Sampah tersebut sebanyak 438,5 Kg dan selanjutnya sampah yang terkumpul langsung dibawa ke TPA Manggar.