Pemanfaatan Ban Bekas dan Sampah Botol Plastik Untuk Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di Lingkungan RT

Pengelolaan sampah penting dilakukan tidak hanya bertujuan untuk menjaga lingkungan, tetapi juga untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat serta menjadikan sampah sebagai sumber daya yang dapat diubah menjadi tambahan pemasukan. Dalam hal ini, masyarakat juga harus berpartisipasi dalam pengelolaan sampah dan menjaga kesehaatan serta lingkungan. Masyarakat dapat berpartisipasi dengan cara memisahkan sampah organik dan anorganik saat membuang sampah khususnya pada sampah rumah tangga mengingat sampah tersebut adalah sampah dengan volume paling tinggi. Sehingga memudahkan pemilah sampah dalam proses pengelolaan sampah.

Sampah memang menjadi salah satu masalah terbesar saat ini. Dari sampah rumah tangga sampai sampah pribadi seperti halnya sisa botol plastik dan ban bekas. Tetapi ternyata dengan sedikit ide kreatif, sampah-sampah disekitar kita bisa kita sulap jadi barang yang bermanfaat loh. Salah satunya dijadikan pot untuk Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Jadi bukan hanya mengurangi jumlah sampah dan barang bekas yang ada, pot tersebut dari barang bekas ini juga menjadikan tempat di sekitar kamu menjadi lebih indah dan cantik.

Dalam rangka partisipasi upaya pengelolaan lingkungan di lingkungan RT Kota Balikpapan, Masyarakat aktif untuk berpartisipasi mengelola lingkungan hidup. Dengan terlaksananya kegiatan tersebut diharapkan masyarakat dapat membentuk satu program rutin untuk melakukan pengelolaan lingkungan hidup pada daur ulang sampah khususnya sampah plastik, mengingat sampah plastik merupakan sampah yang memerlukan waktu yang cukup lama untuk terurai atau hancur di dalam tanah. Serta dari program tersebut pula diharapkan masyarakat dapat memperoleh keuntungan tambahan.

 

Jumat, 22  Maret 2022