Penyerahan Penghargaan Adiwiyata Provinsi, Penghargaan Kalpataru dan Penghargaan Proper 2021-2022

Peringatan Hari Lingkungan Sedunia (HLH) Jatuh setiap Tanggal 5 Juni, Pada Tahun 2022 Peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) yang diselenggarakan DLH Provinsi Kalimantan Timur diselenggarakan pada Tanggal 6 Juni 2022 di Samarinda. Salah satu rangkaian acara  HLH ini adalah penyerahan penghargaan dan apresiasi kepada sekolah, perkantoran swasta dan perorangan yang telah komitmen terhadap pengelolaan lingkungan hidup melalui Program  Proper (Program Penilaian Peringatan Kinerja Perusahaan) dalam pengelolaan lingkungan hidup, penghargaan Adiwiyata dan Kalpataru Tingkat Provinsi.

Dalam penyerahan penghargaan lingkungan, Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud SE, ME hadir langsung untuk memberikan dukungan kepada perusahaan, sekolah dan local hero pengelolaan lingkungan hidup asal Balikpapan. Wali Kota Balikpapan memberikan dukungan penuh terhadap pengelolaan lingkungan hidup. Apalagi ada perorangan, sekolah dan perusahaan yang berhasil menerima penghargaan lingkungan hidup. Di mana Pemerintah Kota Balikpapan sangat fokus terhadap isu lingkungan.

Wali Kota hadir bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sudirman Djayaleksana, Kadisdik Purnomo, Kepala Sekolah Penerima Adiwiyata, Direktur rumah Sakit Sayang Ibu, dan Pimpinan Perusahaan Peduli Lingkungan dan Forum Adiwiyata Kota Balikpapan.

Penyerahan penghargaan diserahkan langsung Gubernur Kaltim Isran Noor kepada penerima di Kabupaten Kota di Kaltim.  Adapun penerima penghargaan lingkungan dari Balikpapan. Untuk tokoh Kalpataru Tingkat Provinsi penerima penghargaan dari Provinsi Kaltim adalah Herry Wijaya dan Widodo dengan kategori Perintis lingkungan. Local hero Herry Wijaya juga memperoleh apresiasi dari provinsi Kaltim.

Sedangkan sekolah penerima Penghargaan dan Apresiasi Adiwiyata Tingkat Provinsi berdasarkan tim penilai Adiwiyata Provinsi Kaltim 2022. Yaitu,

  1. SMAN 6 Balikpapan;
  2. SD Tunas Budi Luhur, Balikpapan Kota;
  3. SDN 015, Balikpapan Tengah;
  4. SD Islam Terpadu Al Auliya 1, Balikpapan Tengah;
  5. SDN 009, Balikpapan Timur;
  6. SMPN 23, Balikpapan Timur;
  7. SMP Muhammadiyah 2, Balikpapan Selatan;
  8. SMP Wiyata Mandala, Balikpapan Selatan;
  9. SMA Islam Terpadu Al Auliya, Balikpapan Utara.

Sementara perusahaan yang berhasil memperoleh Proper sebanyak 21 perusahaan industri dan jasa. Terdiri peringkat hijau sberjumlah 11 perusahaan, peringkat biru sebanyak 9 perusahaan, dan peringkat merah sebanyak 1 perusahaan.  Dari hasil tersebut terdapat peningkatan hasil proper tahun 2020-2021 ke 2022. Di mana peringkat hijau sebanyak 4 perusahaan, peringkat biru sebanyak 14 perusahaan dan peringkat merah 2 perusahaan.

 

Senin, 6 juli 2022