Kunjungan Tim Wali Kota untuk Akselerasi Pembangunan (TWAP) Kota Samarinda ke DLH Kota Balikpapan

Tim Wali Kota untuk Akselerasi Pembangunan (TWAP) Kota Samarinda melakukan kunjungan ke Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan dalam rangka studi banding program dan kebijakan pengelolaan lingkungan hidup di Kota Balikpapan yang di terima langsung oleh Bapak Kepala Dinas DLH Kota Balikpapan Bapak Sudirman Djayaleksana dengan didampingi oleh Kepala Bidang Kebersihan dan kepala Bidang Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan.

TWAP sendiri adalah tim yang dibentuk oleh Wali Kota berdasarkan Peraturan Wali Kota Nomor 57 Tahun 2021 dalam rangka mengawal percepatan pembangunan daerah sesuai Visi, Misi dan Program prioritas Kepala Daerah, RKPD, RPJMB dan RPJPD kota Samarinda dan berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Wali Kota.

Dalam Kunjungan tesebut membahas tentang Pengelolaan Lingkungan yang ada di Kota Balikpapan. Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga sudah meminta warganya agar melakukan pemilahan antara sampah organik dan non organik. Pemilahan sampah dimaksudkan untuk mengurangi volume sampah di tempat pemprosesan akhir (TPA) di Balikpapan. 

Bapak Sudirman Djayaleksana mengatakan pengolahan sampah rumah tangga di Balikpapan sudah dilakukan pemilahan terlebih dahulu dari rumah, tentu saja itu dilakukan untuk mempermudah pengelolaan sampah yang dilakukan oleh petugas.

“Tanggung jawab dalam pengelolaan sampah juga melibatkan pihak pengembang perumahan. Sebab keinginan kita kedepannya ingin menyadarkan pengembang perumahan tentang betapa pentingnya mengelola sampah," jelasnya.

Kedisiplinan masyarakat juga dibutuhkan dalam pengelolaan sampah. Diantaranya tidak membuang sampah sembarangan. Tertib dalam membuang sampah ke TPS sesuai waktu yang telah ditentukkan yakni pukul 18.00 Wita hingga 06.00 Wita.

Untuk Pengelolaan lingkungan di bidang pertamanan sendiri Secara bertahap Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan melakukan penataan terhadap taman-taman yang ada di Kota Balikpapan.

“Pengelolaan untuk taman sendiri saat ini di Kota Balikpapan sudah melakukan kerja sama dengan CSR “ucap Bapak Sudirman.

Ia menegaskan, di Kota Balikpapan tidak hanya taman taman besar seperti tiga generasi atau bekapai yang di kelola oleh DLH Kota Balikpapan melainkan taman-taman median tengah yang ada di sekitar jalan Kota di Balikpapan.

 

Jumat, 09/09/2022