Wawancara Oleh Tim Panelis KLHK Kepada Kepala Daerah dalam Penilaian Nirwasita Tantra
Dalam rangka penilaian Nirwasita Tantra Agenda Sekretariat Jenderal Kementerian LHK, Wawancara oleh Tim Panelis KLHK kepada Kepala Daerah (WaliKota Balikpapan dan Ketua DPRD) dalam penilaian NIRWASITA TANTRA atas penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah. Proses wawancara dilaksanakan secara daring pada tanggal 10 s.d 14 juni 2024.

Pada kesempatan ini WaliKota Balikpapan diwakili Sekretaris Daerah untuk mengikuti wawancara Nirwasita Tantra sehubungan Beliau yang sedang menunaikan ibadah haji.

Wawancara banyak membahas mengenai Isu Lingkungan Prioritas Kota Balikpapan salah satunya yaitu alih fungsi lahan Dampak IKN dan Meningkatnya timbulan sampah dampak IKN dan kegiatan investasi serta Meningkatnya kejadian bencana (banjir dan tanah longsor). Wawancara tersebut juga membahas Inovasi Daerah dalam merespon isu Lingkungan diatas, yaitu dengan Inovasi Penataan ruang kota berbasis One map one data, Perda Kota Balikpapan Nomor 4 tahun 2022 ttg Pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga dan Sinergi Antisipasi bencana Balikpapan (SIGAB).