Kegiatan Pembelajaran Luar Kelas untuk Mengenal Pengelolaan Kebersihan Kota Balikpapan
Siswa/siswi Kelas 5 SDN 015 Balikpapan Selatan melakukan kegiatan pembelajaran luar kelas untuk mengenal pengelolaan kebersihan kota dengan tema “SAHABAT PENYAPUAN JALAN” dan “PENGELOLAAN DRAINASE MANUNTUNG”.

Aktivitas luar kelas sering melibatkan kerja sama dan interaksi, yang dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial dan keterampilan komunikasi. Belajar di luar kelas sering kali lebih menarik bagi siswa dan dapat meningkatkan motivasi mereka untuk belajar. Aktivitas yang bervariasi seperti kunjungan lapangan dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan.

Para siswa/siswi SDN 015 Balikpapan Selatan sangat antusias menyimak mendengarkan teman – teman lapangan bagian kebersihan untuk mengedukasi kegiatan mereka di lapangan dan keseharian mereka mulai dari aktifitas di pagi hari hingga mulai bekerja untuk membersihkan area kota. 

Tujuannya adalah sebagai bentuk menanamkan rasa lebih peduli menjaga lingkungan terutama tidak membuang sampah sembarangan pada fasilitas umum, karena mengingat kerja keras yang dilakukan teman – teman lapangan kebersihan DLH Kota Balikpapan, maka generasi muda juga harus lebih menjaga lingkungan.

Selanjutnya para siswa/siswi SDN 015 Balikpapan Selatan melanjutkan kegiatan pembelajaran luar kelas di Kawasan Drainase Manuntung. Ini juga merupakan wujud dari implementasi 6 aspek Perilaku Ramah Lingkungan Hidup (PRLH) salah satunya yaitu Kebersihan, Fungsi Sanitasi dan Drainase. Pengelolaan Kawasan drainase manuntung yang di jadikan sebagai Kawasan zona hijau dan jogging track dimana kawasan ini juga dijadikan media pembelajaran bagi warga sekolah bagaimana mengelola drainase yang bersih, sehat dan dapat dimanfaatkan sebagai kawasan publik dengan berbagai fungsi. 

Ayo adik – adik!, bersama – sama menjaga lingkungan khususnya di kota kita tercinta agar tetap hijau dan bersih. 

Nah.. gimanaa seru kan dedek” gemoy SDN 015 Balikpapan Selatan? Setelah ini adik – adik dari sekolah mana lagi yaa… yuk ikutan juga kegiatan pembelajaran di luar kelas, seru lohh..