“Menjadi Institusi Yang Kredibel Dalam Mewujudkan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang Berkelanjutan”

Penyerahan dan Penanaman Bibit Pohon Proyek RDMP Pertamina RU V Balikpapan Tahap I

Wednesday - 30 Agustus 2017 - Dibaca: 597 kali

Jumat 18-08-2017, Pertamina RU V Balikpapan menyerahkan 5000 bibit pohon kepada Pemkot Balikpapan, penyerahan bibit dilakukan di halaman Gedung Kesenian Balikpapan dihadiri oleh Wali Kota Balikpapan, GM Pertamina RU V Balikpapan, Pejabat Sementara Project Coordinator RDMP RU V, GM Pertamina MOR VI Balikpapan, GM Pertamina EP Asset V, Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Kalimantan, Unsur Muspida Kota Balikpapan, Kepala OPD Kota Balikpapan, Forum Duta Lingkungan Hidup Kota , Go Green Indonesia serta Perwakilan Sekolah.

Penyerahan ribuan bibit itu merupakan bagian dari komitmen Pertamina dalam proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) untuk pengembangan area kilang di Balikpapan dari kapasitas produksi 260 ribu barel menjadi 360 ribu barel per hari, dan sebagai langkah menuju standar Euro 4 hingga ke Euro 5 yang bahan bakarnya menghasilkan emisi lebih rendah serta ramah lingkungan.

Dalam sambutannya General Manager Pertamina RU V Kalimantan, Yulian Dekri mengatakan, sebanyak 23.680 bibit pohon wajib diserahkan ke Pemkot Balikpapan untuk ditanam di lahan terbuka, hanya saja penyerahanya dilakukan secara bertahap. Jenis bibit pohon yang diserahkan terdiri dari bibit pohon bambu, mahoni, meranti, dadap merah, matoa, filicium, nyamplung, manggis, tiara payung, durian, sirsak, langsat, kelengkeng, alpukat, bungur, tanjung dan glodokan.

Tidak hanya sekadar menanam, Pertamina juga siap turut serta melakukan perawatan bibit pohon yang ditanam.

Sementara itu Wali Kota Balikpapan mendukung langkah dari Pertamina RU V Balikpapan yang telah memenuhi kewajiban atas dilakukannya pengembangan kawasan kilang Pertamina dengan melakukan penyerahan bibit pohon sebanyak 23.680 bibit pohon secara bertahap untuk ditanam di area Gedung Kesenian dan tempat lainnya. Dan mengharapkan agar penanaman pohon terus berlanjut termasuk merawatnya karena tidaklah mudah merawat pohon yang telah ditanam jika tidak dilakukan secara bersama-sama.

Hal yang sama diutarakan juga oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan bahwa bibit pohon yang telah diserahkan oleh Pertamina RU V Balikpapan akan ditanam di area kawasan waduk teritip, kawasan industri kariangau dan kawasan lainnya yang perlu ditanami pohon, dan kegunaan bibit pohon tersebut sebagai tanaman endemik yang sangat cocok dengan tanah di Kota Balikpapan, ada juga bibit pohon sebagai tanaman konservasi air yang dapat menyimpan air. Kepada masyarakat, sekolah-sekolah bisa meminta bibit pohon tersebut namun terlebih dahulu harus membuat surat permintaan bibit pohon ke Dinas Lingkungan Hidup, kerena program penanaman bibit pohon yang sudah berlangsung selama ini sudah sangatlah baik tinggal melakukan perawatannya saja.