“Menjadi Institusi Yang Kredibel Dalam Mewujudkan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang Berkelanjutan”

RAKORDA PPLH SE-KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2019

Monday - 18 Februari 2019 - Dibaca: 200 kali

Rapat Koordinasi Daerah(Rakorda) Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup(PPLH) se-KalimantanTimur tahun 2019 dengan tema “Berdaulat Menuju Kaltim Bebas Sampah”, #Sampahku,Tanggung jawabku,yang dilaksanakan di Kota Balikpapan dari tanggal 17–19 Februari 2019 di Hotel Le Grandeur Balikpapan.

Pelaksanaan rapat koordinasi ini adalah dalam rangka koordinasi dan sinergi penyelesaian isu-isu aktual lingkungan hidup di Provinsi Kalimantan Timur,khususnya dalam rangka meningkatkan upaya menuju KalimantanTimur bebas dari sampah.

Rangkaian kegiatan ini dimulai dari Welcome Dinner dan Pembukaan oleh Gubernur Kalimantan Timur, Rapat Koordinasi dan Sidang Komisi dan Site Visit ke-2 (dua) lokasi pengelolaan sampah,yaitu Tempat Pemrosesan Sampah Terpadu (TPST) Kota Hijau dan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah di Manggar.

Kegiatan ini diikuti oleh 300 orang peserta yang berasal dari instansi lingkungan hidup se-Kalimantan Timur, unsur perangkat daerah teknis terkait dari provinsi dan kabupaten/kota dan miitra kerja/swasta/perusahaan dengan narasumber dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan serta Bappeda Provinsi Kalimantan Timur.

Selainitu,Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan dan Kabupaten Berau akan mewakili dalam penyampaian paparan kinerja pengelolaan lingkungan hidup di kabupaten/kota sepanjang tahun 2018.

Melalui rapat koordinasi ini diharapkan terlaksananya koordinasi yang saling terpaut dan berkesinambungan antara pemerintah provinsidan pemerintah kabupaten/kota dalam pengelolaan lingkungan hidup di Provinsi Kalimantan Timur sehingga menghasilkan sinergitas,integrasi,sinkronisasi dan harmonisasi dalam kegiatan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup,khususnya dalam pengelolaan sampah yang telah menjadi isu strategis nasional.