Eksplorasi Kebun Raya Balikpapan Tahun 2022

Wednesday - 28 September 2022 - Dibaca: 107 kali

Dalam rangka menjalankan fungsi utama Kebun Raya yaitu Konservasi maka Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan melalui UPTD Kebun Raya Balikpapan menjalankan program Eksplorasi 2022.

Eksplorasi adalah kegiatan penyelamatan tumbuhan dari kawasan In-situ (Hutan Alami) untuk dijadikan koleksi tanaman kebun raya.(ex-situ) Yang nantinya tanaman tersebut didata dan ditanam sesuai dengan pola taksonomi. Tematik. Region atau kombinasi dari pola2 tertentu sesuai kaidah perkebunrayaan.

Adapun pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan selama bulan September sampai Oktober 2022 dimana team kebun raya Balikpapan terbagi dalam 3 team besar  dengan lokasi yaitu :

I. Hutan Lindung Batu Kumpai Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan
Camp Lano

II. Taman Nasional Kutai
Kota Bontang Provinsi Kalimantan Timur
Camp Sangkima Jungle Park

III. Hutan Lindung Sungai Wain 
Kota Balikpapan. Provinsi Kalimantan Timur
Camp Jamal

Adapun target penyelamatan tanaman berupa anggrek Kalimantan, tanaman keras kayu Kalimantan dan tanaman obat Kalimantan.

Upacara pelepasan kegiatan di pimpin oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan Bapak Sudirman Djayaleksana. Beliau menyampaikan pentingnya kekompakan dan menjaga sikap dalam kegiatan dan mengharap kegiatan ini selalu dijalankan sebagai tugas dan  fungsi kebun raya.

Program ini juga didukung oleh Pertamina Hulu Mahakam, Pertamina Hulu Sanga Sanga dan Pertamina Hulu Kalimantan Timur dalam rangkaian juga pencarian Tanaman untuk rencana Taman Orchidarium Kebun Raya Balikpapan..

Dan dibantu oleh team PKL Fakultas kehutanan Universitas Mulawarman Samarinda.

 

Rabu, 28 September 2022