26 Sekolah di Kota Balikpapan mendapatkan Penghargaan Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri Tahun 2023

Thursday - 26 Oktober 2023 - Dibaca: 278 kali

Sebanyak 26 sekolah di Balikpapan menerima Penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada acara penghargaan Adiwiyata 2023, Selasa (17/10) di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti KLHK Jakarta. 26 sekolah tersebut terdiri dari 15 sekolah Adiwiyata Mandiri dan 11 Adiwiyata Nasional.

Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Balikpapan Nursyamsiarni D Larose, yang turut mendampingi kepala sekolah saat penerimaan di Jakarta. Menurut Nursyamsiarni atau akrab disapa ibu Eni mengatakan “ Atas prestasi ini tentunya sangat membanggakan, kota Balikpapan dapat kembali mempertahankan prestasi sekolah Adiwiyata Nasional dan Mandiri, terbanyak di Kaltim dan untuk Tingkat Kabupaten / Kota terbanyak kedua se Indonesia ,” ujar ibu Eni. 

Penghargaan Adiwiyata merupakan program pengembangan pendidikan lingkungan hidup pada jenjang pendidikan dasar hingga menengah yang digelar oleh KLHK. Atas keberhasilan ini merupakan kolaborasi DLH, Disdikbud Balikpapan dan Forum Adiwiyata Kota Balikpapan. Tercatat jumlah sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata ini meningkat dari tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 36,7 % lebih banyak untuk Adiwiyata Nasional dan 42,5 ?gi Adiwiyata Mandiri.